Jumat, 05 Februari 2010

SUKSES BELAJAR

1. NIAT
Harus dengan niat yang sungguh-sungguh, jangan hanya memenuhi kewajiban. Niatkan sebagai ibadah baca BISMILLAH untuk orang Islam.

2. LINGKUNGAN SEKITAR
Dukungan orang tua, guru dan teman. Keberhasilan belajar tidak hanya karena tergantung kecerdasan saja tetapi dukungan lingkungan sangat berpengaruh, kita mau belajar untuk persiapan UN atau PUN, tetapi teman-teman lingkungan kita ternyata ngajak bermain, akhirnya ikut-ikutan main. Jadi orang yang tadinya cerdas karena tidak dipakai ya tidak terasah. Kembangkan sikap mandiri untuk belajar, kreatif, jangan hanya menunggu perintah, jangan hanya kalau diawasi orang tua / guru saja. Cari teman untuk bersaing.

3. SARANA BELAJAR
Ketesediaan buku-buku, baik buku pelajaran ensiklopedi, majalah, buku cerita, variasi dalam membaca supaya tidak jenuh hanya membaca pelajaran saja. Bisa jadi engan membaca majalah atau cerita kita dapat terispirasi untuk belajar lebih giat, bersemangat dalam hidup dst. Tempat belajar cari yang tenang sesuai dengan kenyamanan kita. Sering kunjungi perpustakaan, atau buka internet, sesuai dengan keinginan kita untuk hal-hal positif.

4. CARA BELAJAR
Bertahap sedikit-demi sedikit, bila habis dapat pelajaran di sekolah lalu segera dibaca di rumah, jangan ditunda-tunda. Temukan tehnik membaca cepat, mulai mengetahui daftar isi, judul, sub judul dst. Gunakan mata jangan bibir, baca pertanyaan-pertanyaan yang ada.

SEMOGA SUKSES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar